Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang pasti, terarah, dan terencana.
Tujuan dari kegiatan yang dilakukan adalah untuk mencapai hasil
pengajaran yang diinginkan. Maka definisi pembelajaran dapat disimpulkan
tugas utama pendidikan adalah mengembangkan segenap potensi siswa
sebagai sumber daya manusia sehingga ia dapat didayagunakan sebagai
modal pembangunan dan mempersiapkan peserta didik untuk dapat menghadapi
masalah yang terjadi (Dalyono, 1997:211). Bahwa penyelengaraan
pendidikan perlu diadaptasikan sesuai dengan kondisi sekolah,
masyarakat, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama
teknologi informasi yang berkembangan begitu pesat untuk itu pemerintah
memberlakukan mata pelajaran TIK.
Mata pelajaran TIK perlu diperkenalkan, dipraktekan dan dikuasai
peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk
menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan
perubahan/perkembangan teknologi informasi dengan cepat. Untuk
menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan untuk
belajar sepanjang hayat. Dengan demikian pendidikan perlu disesuaikan
dengan tuntunan dan kebutuhan kehidupa. Pada pelajaran TIK ada beberapa
hal yang perlu dipelajari dan kuasai oleh siswa diantaranya:
a) Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi yang ditopang oleh sikap cermat dan menghargai ha katas kekayaan Intelektual.
b) Menggunakan perangkat pengolah kata, pengolah angka, pembuatan grafis, pembuatan presentasi penyajian multimedia.
c) Memahami prinsip dasar internet dan atau intranet serta menggunakanya untuk memperoleh informasi.
0 komentar:
Posting Komentar